Permainan Serembas

Permainan Serembas. (foto: folklor.kosabudaya.id)

SEREMBAS adalah permainan lambung batu yang ditangkap dengan punggung tangan. Batu berupa kerikil dikumpulkan sebanyak mungkin di tangan, kemudian diambung ke atas dan tangan dibalikkan sehingga tertampung di punggung tangan. Batu kemudian diambung kembali dan ditangkap dengan telapak tangan.

Berapa batu yang dapat di tangkap maka batu tersebut menjadi milik si pemain. Sedangkan batu yang berserakan arena permainan diambil satu persatu dengan cara melambungkan satu buah batu untuk memungut batu yang ada pada batu. Pemain berganti jika batu yang diambil terjatuh atau tersentuh batu yang lain. Jika batu sudah habis maka permainan dimulai lagi dengan mengumpulkan batu dari masing-masing batu.

Bacaan Lainnya

Sebelum memulai permainan, jika jumlah pemain lebih dari pada dua maka dilakukan samplom, sit, atau hompimpa. Jika hanya dua orang maka dilakukan suit atau usit. Permainan ini biasanya dimainkan anak perempuan diteras rumah.

Permainan serembas dimainkan oleh anak-anak permepuan. Permainan biasanya dimainkan dengan duduk di tanah atau di lantai rumah.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *