Kampung Subaliong; Sibiruang

Kampung Subaliong; Sibiruang merupakan bagian dari kecamatan XIII Koto Kampar. Subaliong merupakan nama bahasa kampungnya sedangkan sibimang merupakan nama resminya atau nama populernya. Mengapa satu desa ini mempunyai dua nama ? karana dulunya juga ada dua versi mengenai asal usul nama desa tersebut. Penduduk kampung menamainya subalioang karena perbatasan antara kampung kobuo panjang dan pasar lamajadi kalau orang kampung kobuo panjang mau pergi kepasar lama harus lewat sungai yang diberi nama sungai subaliong, “Subaliong” berasal dari kata “subaliok ang ?”(yang digabungkan menjadi “Subaliong”) artinya, kamu mau pergi keseberangl Jadi dari kata tersebut merupakan kata tanya.

Sedangkan nama resminya atau nama populernya “Sbiruang”, karena pasar lama yang semulanya terdapat di ujung desa dipindahkan ke tengah-tengah desa supaya pasar berada ditempat keramaian dan mudah dijangkau oleh semua masyrakat, setelah dipindahkan ternyata pasar memang menjadi ramai dan didatangi oleh penduduk desa lain bahkan pedagang-pedagang luarpun mulai berdatangan untuk menjual dagangannya dipasar tersebut, dan para pedagang itu sangat banyak meraih keuntungan dari dagangannya tesebut karena minat beli orang kampung sangat tinggi dan berasal dari berbagai desa. Karena keuntungan yang banyak tersebut dia menyebut pasar itu “Sumber Uang” dan nama tersebut terbiasa di telinga para pedagang, dan para pedaganglah yang mempolerkan nama tersebut, hinga lama-kelamaan namanya disingkat saja menjadi “Sbiruang;’ yaitu “Sumber Uang”.

Bacaan Lainnya

Tapi sebenarnya ada persepsi lain juga mengenai nama Sbiruang ini, ada sebagian penduduk desa yang mengatakan kalau desa Sbiruang itu tempat berkumpulnya segerombolan beruang, sehingga disebut “Sibiruang” yaitu asal katanya “Si Beruang”. Namun asal nama ini tidak mempunayi bukti yang kuat dan tidak terlalu di kenal masyarakat.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *